Bingung Mengenali Gejala Terserang Asma? Cek Info Lengkapnya di SehatQ.com


Asma bisa menyerang kapan saja tanpa melihat situasi dan kondisi. Sebagian orang mengeluh terserang asma mendadak, padahal sebelumnya tidak menderita penyakit tersebut. Apalagi setiap penderita memiliki gejala berbeda, Anda harus menjaga pola hidup sehat sehingga serangannya bisa diminimalisir.

Gejala Awal Terserang Asma

Mengenali gejala asma adalah tindakan tepat sehingga pengobatannya tepat. Pastinya tidak memperburuk penyakit tersebut, apalagi penyakit tersebut ditandai kepekaan saluran pernapasan terhadap rangsangan. Agar pengobatannya tepat, ketahui gejala terserang asma berikut ini:

  • Perubahan Pola Pernapasan

Perubahan pola pernapasan adalah awal gejala asma, ketika pernapasan tidak terkontrol harus membatasi aktivitas. Anda harus tenang dan tidak panik, lebih baik mengoleskan minyak angin secukupnya pada dada dan hidung agar laju pernapasan stabil.

Umumnya, gejala ini bisa diatasi agar asma tidak kambuh. Anda bisa mandi air hangat dan memperbanyak minum hangat, misalnya susu atau teh hangat. Perbanyak konsumsi buah-buahan agar tubuh mendapat asupan tepat. 

  • Hidung Tersumbat

Saat terserang penyakit pernapasan, hidung akan tersumbat dan mengalami perubahan suasana hati. Anda bisa mencari info penyakit pernapasan dan cara mengatasinya agar tidak semakin parah.

Untuk mengatasi hidung tersumbat, Anda bisa jalan-jalan pagi hari. Udara pagi bagus untuk memperlancar sistem pernapasan, bahkan pikiran menjadi rileks.

  • Batuk-batuk

Batuk menjadi gejala terserang asma, bahkan batuk sering disertai gatal-gatal pada tenggorokan. Alhasil Anda susah tidur karena nafas mulai berbunyi atau mengi, agar pernapasan stabil usahakan menggunakan bantal tinggi saat tidur.

Sama halnya jika Anda menderita asma bronkitis, batuk menyebabkan napas berbunyi. Jika tidak diobati, laju pernapasan semakin cepat dan sulit beraktivitas. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk info penyakit lengkap.

Jika tidak memungkinkan ke rumah sakit, Anda bisa berkonsultasi dengan SehatQ.com mengenai penyakit Anda. Situs kesehatan tersebut memiliki direktori penyakit lengkap, bahkan anda akan mengetahui direktori penyakit asma. Diantaranya adalah pengertian penyakit, gejala penyakit, pencegahan penyakit dan lainnya.

Tips Agar Asma Tidak Mudah Kambuh

Setelah mengetahui gejala penyakit asma, Anda harus melakukan pencegahan. Jangan sampai mengabaikan penyakit pernafasan karena memicu komplikasi asma. Berikut ada tips yang bisa dicoba untuk mencegah serangan asma, antara lain:

  • Menghindari Olahraga Berat

Umumnya, orang yang menderita penyakit pernafasan mudah lelah jika olahraga berat. Bahkan memicu penyakitnya kambuh, usahakan menghindari olahraga berat agar tidak mudah kambuh.

Anda bisa mengganti dengan olahraga ringan. Misalnya jalan di pagi hari, bersepeda, yoga dan aktivitas fisik lainnya. 

  • Menghindari Paparan Asap

Asap adalah salah satu pemicu asma kambuh. Misalnya asap rokok, asap anti nyamuk, asap kendaraan maupun asap industri. Paparan asap membuat pernafasan lebih berat dan menimbulkan rasa sesak di dada.

Berusahalah menghindari asap tersebut agar pernafasan selalu sehat. Pasalnya asma akan kambuh jika ada pemicunya, menghindari pemicu membuat Anda selalu sehat. Selain itu perbanyak mengkonsumsi mineral dan makanan bergizi.

Anda bisa berkonsultasi perihal info penyakit dan direktori penyakit pada dokter. Jika terkendala rutinitas, SehatQ.com bisa dipilih. Situs kesehatan tersebut memiliki direktori penyakit lengkap dan dokter profesional. Alhasil Anda lebih cerdas menghadapi penyakit pernafasan.

Walaupun Asma tidak berbahaya, tetapi rasa nyerinya membuat aktivitas terganggu. Lebih baik melakukan pencegahan asma agar penyakit pernafasan bisa diatasi, bahkan banyak penderita tidak pernah kambuh karena pencegahannya tepat.

Belum ada Komentar untuk "Bingung Mengenali Gejala Terserang Asma? Cek Info Lengkapnya di SehatQ.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel