4 Manfaat Adanya Layanan Paliatif Onkologi di Rumah

Layanan Paliatif Onkologi

Datangnya penyakit memang tidak bisa diprediksikan sebelumnyam dapat menyerang siapa saja dalam beragam kondisi. Ada yang termasuk kategori penyakit ringan, namun tak jarang diantaranya yang masuk kategori penyakit berat sehingga membutuhkan penanganan serius, sebut saja diantaranya adalah penyakit kanker. Masalah kesehatan yang satu ini bisa menjangkiti siapa saja, semakin lama dibiarkan tentunya akan semakin parah. Bahkan penderitanya sendiri tak jarang mengalami gangguan psikis karena serangan penyakit tersebut. Kualitas hidup mereka turun drastis sejak serangan penyakit. Namun sekarang ini sudah ada layanan paliatif onkologi di rumah.

Tentunya banyak diantara Anda yang sudah tidak asing dengan istilah layanan paliatif bukan. Biasanya dilakukan oleh tenaga medis atau pihak-pihak lain yang memberikan dukungan kesembuhan kepada pasien tersebut. Karena pasien yang sedang sakit memang benar-benar membutuhkan dukungan agar nantinya bisa sembuh dari masalah kesehatan yang mereka derita tersebut. Hal ini pada dasarnya memang ditujukan pada pasien yang sudah masuk dalam tahap serius atau stadium akhir.

Meskipun telah masuk dalam stadium akhir sebenarnya bukan hal yang mustahil untuk sembuh jika seandainya ada keinginan yang kuat dalam diri pasien tersebut, ditambah dengan adanya dukungan dari keluarga yang selalu memberikan support. Adapun sebenarnya banyak sekali diantara manfaat yang bisa didapatkan dengan adanya layanan atau pengobatan paliatif ini, diantaranya adalah:
  1. Memberikan rasa tenang kepada pasien, manfaat pertama yang aka dirasakan adalah kehidupan atau diri pasien menjadi lebih tenang. Selama ini penyakit yang dirasakan tak hanya menyebabkan kesakitan secara fisik saja, melainkan juga tekanan pikiran atau psikis, inilah yang akan memperburuk kondisi tersebut. pengobatan secara paliatif ini ditujukan agar kondisi psikis pasien menjadi jauh lebih tenang dari sebelumnya, mencegah stress ataupun depresi.
  2. Membantu pasien agar tetap mau melanjutkan pengobatan, meskipun harapan kesembuhan jika sudah masuk stadium akhir begitu kecil. Namun tetap bukan hal yang mustahil jika seandainya ada upaya pengobatan yang dilakukan. biasanya pasien yang sudah dalam tahap ini malas untuk berobat, karena memang hidupnya tidak akan lama lagi. Dengan adanya dukungan dari keluarga dan juga tenaga medis maka bisa membuat pasien tetap mau untuk melanjutkan pengobatan.
  3. Meningkatkan kualitas hidup pasien, pengobatan yang satu ini juga membantu pasien untuk meningkatkan kualitas hidupnya dalam menghadapi penyakit berat yang diderita tersebut. karena bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya penyakit berat ini kerap kali menyebabkan kehidupan mereka menjadi tidak berarti. Pasien akan mengalami depresi, malas untuk melakukan kegiatan apapun. Namun dengan adanya pengobatan paliatif, sebisa mungkin membuat kualitas hidup mereka meningkat. Mereka menjadi lebih siap untuk menghadapi kematian yang tenang tanpa ada tekanan karena penyakit yang diderita tersebut.
  4. Menguatkan keluarga pasien, selain ditujukan untuk pasien sendiri, maka sebenarnya layanan ini juga ditujukan untuk keluarga dari pasien tersebut. Mampu untuk menguatkan hati jika seandainya ada hal-hal yang tidak dikehendaki dapat terjadi. Termasuk diantaranya adalah resiko kematian.
Itulah diantaranya serangkaian manfaat yang dapat dirasakan dengan pelayanan paliatif ini. sekarang bahkan sudah ada layanan paliatif onkologi di rumah, sehingga petugas yang nantinya akan datang ke rumah. Pasien tidak perlu repot-repot untuk datang ke rumah sakit. Tidak ada hal yang mustahil di dunia ini. Banyak orang yang sakit parah namun bisa sembuh berkat usaha dan doa mereka.

Belum ada Komentar untuk "4 Manfaat Adanya Layanan Paliatif Onkologi di Rumah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel