Friday, June 15, 2012

Sifat Fisika dan Sifat Kimia

Di stasiun pengisian bahan bakar umum(SPBU) selalu kita temukan larangan “DILARANG MEROKOK“ . Mengapa terdapat larangan ini ?  Ayo temukan jawabannya dengan mempelajari materi  ini.



SIFAT FISIKA
Sifat fisika adalah sifat suatu zat yang dapat diamati tanpa mengubah zat-zat penyusun materi tersebut. Sifat fisika antara lain wujud zat, warna, bau, titik leleh, titik didih, massa jenis, kekerasan, kelarutan, kekeruhan, kemagnetan, dan kekentalan. Berikut ini pembahasan mengenai sifat-sifat fisika tersebut :

Wujud zat
Wujud zat dibedakan atas zat padat, cair, dan gas. Zat tersebut dapat berubah dari satu wujud ke wujud lain. Beberapa peristiwa perubahan yang kita kenal, yaitu : menguap, mengembun, mencair, membeku, meyublim, dan mengkristal.

Warna
Setiap benda memiliki warna yang berbeda-beda. Warna merupakan sifat fisika yang dapat diamati secara langsung. Warna yang dimiliki suatu benda merupakan ciri tersendiri yang
membedakan antara zat satu dengan zat lain. Misal, susu berwarna putih, karbon berwarna hitam, paku berwarna kelabu pudar dan lain–lain.

Kelarutan
Kelarutan suatu zat dalam pelarut tertentu merupakan sifat fisika. Air merupakan zat pelarut untuk zat-zat terlarut. Tidak semua zat dapat larut dalam zat pelarut. Misal, garam dapat larut dalam air, tetapi kopi tidak dapat larut dalam air.

Daya hantar listrik
Daya hantar listrik merupakan sifat fisika. Benda yang dapat menghantarkan listrik dengan baik disebut konduktor, sedangkan benda yang tidak dapat menghantarkan listrik disebut isolator. Benda logam pada umumnya dapat menghantarkan listrik. Daya hantar listrik pada suatu zat dapat diamati dari gejala yang ditimbulkannya. Misal, tembaga dihubungkan dengan sumber tegangan dan sebuah lampu. Akibat yang dapat diamati adalah lampu dapat menyala.

Kemagnetan
Berdasarkan sifat kemagnetan, benda digolongkan menjadi dua yaitu benda magnetik dan benda non magnetik. Benda magnetik adalah benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet, sedangkan benda non magnetik adalah benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet.

Titik Didih
Titik didih merupakan suhu ketika suatu zat mendidih.

Titik Leleh
Titik leleh merupakan suhu ketika zat padat berubah menjadi zat cair.


SIFAT KIMIA
Sifat kimia adalah ciri-ciri suatu zat yang berhubungan dengan terbentuknya zat jenis baru. Contoh sifat fisika antara lain mudah terbakar, mudah busuk, mudah meledak , beracun, dan berkarat (korosif). Berikut ini pembahasan mengenai sifat-sifat kimia :

Mudah terbakar
Bensin termasuk zat yang mudah terbakar. Sehingga, di stasiun pengisian bahan bakar terdapat larangan “DILARANG MEROKOK“. Dengan mengetahui sifat dari bahan-bahan yang mudah terbakar, kita akan dapat menggunakannya secara aman.

Mudah busuk
Akibat terjadi reaksi kimia dalam suatu makanan atau minuman, dapat mengakibatkan makanan dan minuman tersebut membusuk dan berubah rasa menjadi asam. Misal, nasi yang dibiarkan berhari–hari bereaksi dengan udara menjadi basi, susu yang berubah rasa menjadi asam.

Berkarat
Reaksi antara logam dan oksigen dapat mengakibatkan benda tersebut berkarat. Logam, seperti : besi dan seng memiliki sifat mudah berkarat.

Mudah meledak
Interaksi zat dengan oksigen di alam ada yang mempunyai sifat mudah meledak, seperti : magnesium, uranium dan natrium.

Racun
Terdapat beberapa zat yang memiliki sifat kimia beracun, antara lain: insektisida, pestisida, fungisida, herbisida dan rodentisida. Zat beracun tersebut digunakan manusia untuk membasmi hama, baik serangga maupun tikus.


Latihan Soal 
Untuk mengevaluasi pemahaman materi mengenai “Sifat Fisika dan Sifat Kimia” ini silahkan kerjakan latihan soal berikut :
=> Latihan Soal Sifat Fisika dan Sifat Kimia [klik di sini]

Terima kasih telah berkunjung di blog Indonesia Cerdas. Silahkan tinggalkan komentar anda di kotak komentar dan klik suka atau share artikel ini di Facebook, Twitter, maupun Google+1.

20 comments:

Belajar TIK said...

Sangat jarang ketemu dengan blog kategori pendidikan Indonesia seperti ini. Semoga Pendidikan Indonesia semakin maju, salam dari kami Belajar TIK

Indonesia Cerdas said...
This comment has been removed by a blog administrator.
sukajiyah said...

Terus berbagi untuk kemajuan pendidikan Indonesia, semangat!!

nur enha said...

wduh.... Kalau seandainya motivasinya di ganti yang bisa menyeluruh gimana?? Kalau "dilarang merokok" kan cuma sama mudah terbakar... Ada kemungkinan siswa berpikir, trus hubungan sama yg lain apa.. Gitu...
Tapi apa yg bisa digunakan untuk semuanya?? Saya juga bingung...
Hehe...
Terus maju indonesia cerdas...

Agus Dwianto said...

@Belajar TIK : Salam pendidikan....mari terus berjuang untuk kemajuan Indonesia,

@bu Suka : Sipppp...monggo LANJUTKAN,

@Nur Enha : he...he...itu cuma apersepsi saja pak...dijelaskan lebih lanjut di bagian isi materi...makasih masukannya

All : Terima kasih telah berkunjung di blog ini

Anonymous said...

hbhbhbhbh

hhvh said...

hgvghvh

Anonymous said...

ada tugas nih, ijin dirangkum ya :D

HITCH HIKER said...

ijin copas yaa

Anonymous said...

gsdfgsdrfewr

Anonymous said...

Masukkan komentar anda ......

alvionika said...

wow..
trima kasih ya...

Anonymous said...

Terimakasih blognya :D nama saya salma saya kelas 7 hari senin kebutulan saya ulangan,tapi saya masih kurang mengerti :) dan mohon maaf soal onlinenya di hp tidak dapat dimunculkan

Youra Park said...

sangat membantu untuk ujian praktek disekolah, ghamsahamnida ..

Anonymous said...

A:numpang copas
blh gk ??
B:boleeeeeeh bangetzz
A:cakepp tuch...
B:heheheheehheh..:)

Anonymous said...

LULUK MARIANI
INDONESIA PINTAR BUAT AKU PINTAR

Anonymous said...

LULUK MARIANI
INDONESIA PINTAR BUAT AKU PINTAR

Anonymous said...

LULUK MARIANI
INDONESIA PINTAR BUAT AKU PINTAR

Anonymous said...

sangat bermanfaat lanjutkan>

Anonymous said...

itu sertifikatnya beneran ?? :v

Post a Comment

 

Materi Kelas VII

Materi Kelas VIII

Materi Kelas IX

Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | belt buckles